LAPORAN KELOMPOK HASIL KEGIATAN
KULIAH KERJA NYATA (KKN) MAHASISWA
KELOMPOK DESA WANACALA
Lokasi : Dukuh Kampiran
Desa : Wanacala
Kecamatan : Songgom
Kabupaten : Brebes
No | Nama Mahasiswa | NIM |
1 | Mochamad Rizky Ramadhani | 19.01.3710 |
2 | Syamsu Da’irotul Irfan | 19.01.3734 |
3 | Muhammad Mun’im | 19.01.3690 |
4 | Akhmad Taufik Hidayatulloh | 19.02.3742 |
5 | Maziroh Diyati | 19.01.3716 |
6 | Siti Qurrotul Aeni | 19.01.3603 |
7 | Novi Subria Rahmawati | 19.02.3737 |
8 | Luthfiana Zaen | 19.01.3698 |
9 | Fitri Ani Zahroh | 19.01.3495 |
Dosen Pembimbing Lapangan
Filda Vitalia, S.H, M.Kn, M.H
LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN
KEPADA MASYARAKAT (LPPM)
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI)
BREBES 2022/2023
HALAMAN PENGESAHAN
Bismillahirrahmanirrahim
Hasil Kegiatan KKN Mahasiswa
Setelah diberikan bimbingan, pengarahan, diperiksa, dikoreksi dan perbaikan laporan individual/kelompok mahasiswa dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa Stai Brebes, maka dapat disahkan untuk memenuhi syarat kelulusan KKN pada akademik 2021/2022.
Kelompok : 1 (satu)
Lokasi : Masjid Al-Faaiz Naza 4
Desa : Wanacala
Kecamatan : Songgom
Kabupaten : Brebes
Disahkan pada Tanggal, .......................... 2022
Mengetahui
Kepala Desa DPL KKN
Teguh Setiawan Filda Vitalia, S.H, M.Kn, M.H
KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum Wr.Wb
Alhamdulillahilladzi fadhola ba’do ibadihi bi ulumil ilahiyah wa ta’arofu bihi alaii bi ulumil ilahiyah wa ta’arofu bihi alaihi bi syumusil arifi wal anwaril irfaniyah asyhadu an laa ilaha illallah wahdahuu laa syariikalah, wa asyhadu an laa muhammadun abduhu wa rosuuluh .
Allahuma sholi ala sayidina muhammadin ibni abdillah wa alaa aliihi wasohbihi wa man tabiahu ila yaumil qiyaamah amma badu
Segala puji bagi allah yang telah mengistimewakan sebagian hamba- hambanya dengan sebab memiliki ilmu agama yang menuntun dirinya untuk memakmurkan masjid-masjidnya sebagai sarana sosial kemaslahatan umat manusia.
Sholawat dan salam kesejahterahan selalu tercurahkan kepada nabi pilihan dan rosul utamanya sayidina muhammad saw, keluarga dan para sahabatnya seluruh umatnya yang patuh kepadanya sampai akhir zaman amiin yaa rabbal alamin .
Kami mengucapkan terimakasih kepada pihak- pihak yang telah mendukung kegiatan dan program kerja dari kami, diantaraya:
1. H. M. Rohidin, M.Hum selaku Ketua STAI Brebes
2. Seluruh panitia Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI).
3. Ibu Filda Vitalia SH, M.Kn, MH selaku dosen pembimbing lapangan (DPL)yang telah memberikan banyak sekali masukan positifnya sehingga mampu melaksanakan kegiatan KKN secara optimal.
4. Bapak Teguh Setiawan selaku kepala Desa Wanacala serta perangkat desa yang telah mempersilahkan kami dengan tangan terbuka serta memberikan buah pikirnya sehingga kegiatan KKN kami berjalan dengan lancar
5. Bapak ust. Masruri selaku ketua umum Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Jami’ Al- Faaiz naza 4 beserta segenap Kepengurusannya
6. Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kab. Brebes
7. Keluarga Ibu Asih selaku pemilik living kost
8. Masyarakat Desa Wanacala yang telah bahu membahu bersama kami untuk dapat menyelesaikan kegiatan KKN yang mampu berdampak positif terhadap desa wanacala
9. Para donatur kegiatan KKN yang tidak dapat kami sebut satu persatu
10. Kepada seluruh keluarga kami, yang hingga saat ini selalu mendukung serta memotivasi untuk terus berjuang mengabdikan diri kepada masyarakat
11. Rekan- rekan KKN Tematik Berbasis Masjjid STAI Brebes
12. Semua pihak yang tidak dapat disebutkan satu persatu yang telah membntu dalam menyelesaikan rencana program ini
Semoga kemudahan yang diberikan kepada kami allah SWT membalasnya dengan memberikan kemudahan di dunia maupun di akhirat allah humma amiin.
Demikian laporan akhir kegiatan KKN Tematik Berbasis Masjid. Kami menyadari laporan ini masih memiliki kekurangan, sehingga kami mengharapkan kritik dan saran yang membangun.
Sekian dan semoga bermanfaat
Waallahul muwaafiq ilaa aqhwamithariiq
Wassalamualaikum wr.wb
Wanacala, …..................... 2022
TIM KKN Wanacala
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL …………………………………………………………….. 1
HALAMAN PENGESAHAN ………………………………………………….... 2
KATA PENGANTAR ………………………………………………………….… 3
DAFTAR ISI …………………………………………………………………….. 5
BAB I Pendahuluan
A. Latar Belakang …………………………………………... 6
B. Tujuan Kegiatan …………………………………………. 7
C. Manfaat Kegiatan …………………………………...…… 7
BAB II Pembahasan Kegiatan KKN
A. Kondisi Lokasi Kegiatan KKN ………………………..… 9
B. Permasalahan Umum …………………………………... 10
C. Pemetaan Lokasi ……………………………………….. 10
D. Bentuk Kegiatan …………………………………..….... 10
E. Output dan Outcome ………………………………….... 10
F. Diskripsi Proses Kegiatan ……………………………… 11
1. Pra Kegiatan ……………………………………. 11
2. Hasil Kegiatan ………………………………….. 11
3. Kendala dan Solusi ……………………………... 11
G. Pihak-pihak Yang Terlibat ……………………………… 11
H. Factor-faktor Penghambat Program ……………………. 11
I. Keberlanjutan Program …………………………………. 11
BAB III Rencana Tindak Lanjut
A. Rencana tindak lanjut juga sebaiknya dilakukan dalam 2 tahap
B. Rencana tindak lanjut paksa menurut kesepakatan bersama masyarakat, setelah pleno dengan masyarakat
C. Rencana tindak lanjut paksa menurut lembaga dan tim kelompok yang mengacu pada RTL masyarakat
BAB IV Penutup
A. Saran-saran ……………………………………………... 11
B. Rekomendasi …………………………………………… 11
LAMPIRAN-LAMPIRAN
1. Karya ilmiah hasil penelitian/riset
2. Dokumentasi
a. Biodata peserta
b. Foto-foto kegiatan
c. Draft artikel/essay
d. Laporan pelaksanaan
e. Screen shoot dan link media social (blog, facebook,/ youtube,/ Instagram,/ twitter, dll)
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Masjid merupakan salah satu tempat ibada orang- orang muslim akan tetapi masjid juga merupakan sarana pembangunan, pembentukan pribadi yang sangat baik karena didalam masjidlah awal dari peradaban umat islam dimulai akan tetapi didalam pandangan masyarakat masjid hanya difungsikan sebagai tempat ibadah saja padahal banyak sekali yang bisa dilakukan lewat media masjid itu antara lain masjid biasa menjadi sentral dari peradaban dan pembangunan manusia, lewat masjidlah kita didik oleh rasulullah SAW untuk menjadi manusia manusoia yag berkualitas
Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu Tri Darma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dan merupakan kegiatan intrakulikuler yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa STAI brebes yang akan melaksanakan Studynya di perguruan tinggi ini.
Kuliah Kerja Nyata (KKN) kali ini Tematik Berbasis Masjid dengan Tema “Revitalisasi Peran Sosial Masjid” sebagai respon dari semua kalangan yang peduli terhadap kemaslahatan dan kemakmuran masyarakat, kemandirian keluarga, pemberdayaan Desa.
Melihat keadaan seperti ini sangatlah efektif bila diawali dengan Revitalisasi peran sosial masjid, sebab Masjid bukanlah sarana yang mampu untuk urusan ukhrowi saja namun masjid juga mampu mensejahterahkan masyarakat di sekitarnya sebagai sarana untuk terwujudnya rohmatan lil alamin (hablum minannas)
B. Tujuan
Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik berbasis masjid bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan memecahkan problem sosial bersama-sama masyarakat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan sosial, pencerahan dan pembebasan sesuai dengan visi, misi dan fungsi perguruan tinggi. Secara lebih khusus tujuan dari kuliah kerja nyata (KKN) ini adalah untuk :
1. Mempercepat pelaksana pembangunan dan mempersiapkan kader-kader pembangunan desa.
2. Kemampuan masyarakat dalam meningkatkan SDM sesuai dengan tuntutan dinamika pembangunan dan IPTEK.
3. Melatih penalaran dan kepekaan dengan bekerjasama antar disiplin ilmu.
4. Mengembangkan potensi mahasiswa sesuai bidang keilmuannya ke arah peningkatan kemampuan dan profesinya yang dilaksanakan, baik secara mandiri maupun kolektif.
C. Manfaat Kegiatan
Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) diharapkan bermanfaat bagi masyarakat, pemerintah, mahasiswa dan perguruan tinggi dengan pertimbangan :
1. Bagi Masyarakat
a. Memperoleh bantuan tenaga dan pikirsn untuk meningkatkan cara berpikir, pengetahuan dan ketrampilannya, sehingga dapat menumbuhkan potensi sumber daya dan selanjutnya berkembang secara mandiri.
b. Terbentuknya kemampuan dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan (khususnya keagamaan), sehingga kesinambungannya dapat terjamin.
c. Memperoleh syi’ar islam dalam kehidupan yang damai dan sejahtera dalam wilayah NKRI berdasarkan pancasila UUD 1945.
2. Bagi pemerintah
a. Membantu proses pembangunan yang dilaksanakan pemerintah dalam meningkatkan sumber daya manusia.
b. Membuka akses kemitraan dan komunikasi timbal balik antara masyarakat, perguruan perguruan tinggi dan pemerintah.
3. Bagi Mahasiswa
a. Mendewasakan cara berpikir, bersikap dan bertindak serta meningkatkan daya nalar dalam melakukan pengkajian, perumusan dan pemecahan masalah secara praktis dan terpadu.
b. Merealisasikan program dalam kegiatan nyata.
c. Mempersiapkan diri menjadi motivator, inovator, dinamisator, dan katalisator bagi problem sosial keagamaan.
4. Bagi Perguruan Tinggi
a. Mendapat masukan tentang penyelenggaraan tri dharma perguruan tinggi.
b. Meningkatkan partisipasi dan peran perguruan tinggi dalam melaksanakan pembangunan di bidang agama
BAB II
PEMBAHASAN KEGIATAN KKN
A. Kondisi Lokasi Kegiatan Kkn
Wanacala adalah desa dengan memiliki 3 pedukuhan di antaranya wanacala,kampiran dan pecinan yang hanya memiliki sedikit warga.Terletak di kecamatan Songgom, Brebes, Jawa Tengah, Indonesia.
Di desa wanacala sendiri masyarakat rata-rata mempunyai usaha bertani dan sebagai buruh tani usaha pertanian mereka adalah bawang merah, padi, jagung dan sayur mayur uniknya di sini masyarakat mengenal 2 musim cara menanam padi,yaitu musim ranteban dan musim sadon,di desa ini juga terdapat sungai terpanjang yaitu sungai pemali di wanacala dan pecinan,,dan mempunyai kebanggaan masjid terbesar ke 4 di kab.brebes yaitu masjid Al-faiz naza4 di duku kampiran
1) Iklim
Kondisi iklim di desa Wanacala tidak jauh berbeda dengan desa-desa di wilayah indonesia yang lainnya, yaitu musim kemarau dan musim penghujan dan iklim kemarau. Hal ini juga sangat berpengaruh langsung terhadap pola tanaman yang ada di Desa wanacala.
2) Pola Penggunaan Tanah
Penggunaan tanah di Desa wanacala sebagian besar diperuntukan untuk tanah pertanian sawah sedangkan sisanya untuk tanah kering yang merupakan bangunan dan fasilitas-fasilitas lainnya.
B. Permasalahan Umum
Pada dasarnya di lokasi yang kami tempati yaitu desa wanacala tepatnya di dukuh kampiran itu masyarakatnya sudah banyak ragam kegiatan seperti jamiyahan rutin ibu” maupun yang laki” seperti muslimat, fatayat,ansor,pekaten,pkk, dll dan juga ragam kegiatan belajar mengajar seperti madrasah diniyah, TPQ, namun dari semua kegiatan tersebut, belum maksimal pelaksanaanya. Banyanyak factor yang menjadi penyebab beberapa faktornya yaitu kurangnya tokoh agama, tenaga pengajar, dan aktivis muda.
C. Pemetaan Lokasi
Di desa wanacala itu ada 4 pedukuhan yaitu; dukuh wanacala, dukuh pecinan, dukuh karang sawah dukuh kampiran diantara 4 pedukuhan tersebut, dukuh kampiran lah yang paling banyak penduduknya.
Jadi, kami memutuskan semua kegiatan KKN kelompok 1 berpusat di dukuh kampiran dengan alasan dukuh kampiran penduduk terbanyak jadi nanti lebih mudah untuk mengadakan kegiatan.
Walaupun pusat kegiatan berpusat di dukuh kampiran kita juga tidak mengesampingkan pedukuhan lainya.
D. Bentuk Kegiatan
No | Hari/Tanggal | Kegiatan | Target | Sasaran | Hasil yang dicapai | Keterangan | |
Kuantitatif | Kualitatif | ||||||
1 | Senin, 01 agustus 2022 | - Penerjunan KKN dan penyambutan di kecamatan songgom . - Pengenalan peserta KKN STAIB Kepada warga wanacala - Musyawaroh kegiatan KKN STAIB bersama pengurus masjid al faaiz naza 4 | - Mahasiswa mampu mengimplementasikan ilmu yang sudah di dapat dan di kembangkan di masyarakat | - Seluruh peserta mahasiswa KKN STAI Brebes. - Masyarakat lingkungan sekitar
|
|
| - REALISASI - REALISASI |
2 | Selasa, 02 agustus 2022 | - Ziaroh makam ulama sesepuh desa wanacala - Rapat menyambut hut RI ke 77 di kantor kepala desa wanacala | - Mahasiswa mengenal ulama sesepuh desa Wanacala - Mahasiswa mampu berkonsolidasi antara masyarakat dengan pemdes | - Agar peserta KKN dapat membaur masyarakat sehinga dapat bermanfaat bagi lingkungan |
|
| - REALISASI - REALISASI |
3 | Rabu,03 agustus 2022 | - Kegiatan baca tulis Quran di masjid al-faaiz naza 4 - Musyawaroh pelaksanaan pengajian umum 10 Muharrom ds.wanacala | - Membantu anak-anak belajar supaya lancar dalam membaca Quran - Ikut berpatisipasi kegiatan pengajian umum | - Remaja, dewana yang sudah baligh - Panitia dan perangkat desa yang ikut serta memeriahkan kegiatan |
|
| - REALISASI - REALISASI |
4 | Kamis, 04 agustus 2022 | - Kegiatan yasinan dan tahlilan di masjid jami al faaiz naza 4 - Kumjungan di lembaga pendidikan kelompok bermain dan TK | - Menjadi motivasi untuk nantinya sebelum praktek pembelajaran di lapangan - Menanamkan rasa nasionaloime | - Kepala sdn kemakmuran 01beserta staf jajarannya - Lingkungan posko - Jama’ah masjid |
|
| - REALISASI - REALISASI |
5 | Jum’at,05 agustus 2022 | - Kegiatan posyandu Ds.Wanacala - Kegiatan Belajar bersama anak-anak di masjid al-faaiz naza 4 - Kegiatan belajar mengajar baca Quran ibu-ibu | - Untuk mencaah suatu penyakit tingakat keparhannya - Menjadikan anak-anak giat dlam belajar - Megentaskan dari ketidak lancaran pembacaan Quran | - Anak-anak usia dini (balita) - Remaja, dewasa yang sudah baligh - Ibu-ibu lansia |
|
| - REALISASI - REALISASI |
6 | Sabtu, 06 agustus 2022 | - latihan upacara kedua menyambut Hut RI- ke 77 - kegiatan Belajar bersamkegiatan mengajar a anak- anak di masjid ds.Wanacala | - Mempersiapkan kematangan para petugas upacara 17 HUT RI - Menjadikan anak-anak giat dalam belajar | - Petugas Upacara HUT RI - Remaja, dewasa yang sudah baligh |
|
| - REALISASI - REALISASI |
7 | Minggu,07 agustus 2022 | - Pembacaan Maulid berzanji bersama anak- anak di masjid jamie al- faaiz 4 - Penilaian lomba hatinya PKK ds.Wanacala - Pembacaan amalan bulan muharrom bersama jamaah al faaiz naza 4 |
- Mengajarkan anak-anak untuk terbiasa membaca maulid rasul - Menggerekan masyarakan akan kesadaran lingkungan - Menghidupkan malam 10 muharram |
- Remaja, dewasa yang sudah baligh - Lingkungan masyarakat dukuh kampiran - Seluruh warga lingkungan masjid Al-Faiz Naza 4 |
|
| - REALISASI - REALISASI |
8 | Senin, 08 agustus 2022 | - Kegiatan lanjutan pembagian hadiah lomba PKK - Pendaftaran lomba anak islam memperingati 10 muharrom - Ziaroh makam ulama setempat bersama anak- anak TPQ - Monitoring DPL ke posko kelompok 1 ds.wanacala - Rapat pemantapan acara khaul masal ds. Wanacala | - Mengapresiasi kegiatan lingkungan warga sekitar - Meramaikan kegiatan 10 Muharram
- Mengenalkan sosok ulama terdahulu di dusun kampiran kepada anak-anak sejak dini - Memberikan pengarahan kepada peserta KKN - Ikut serta berpartisipasi kegiatan khaul di dusun kampiran | - Anak-anank Kelas 4-6
- Peserta pengajian rutin anak-anak - Peserta pengajian rutin anak-anak
- Peserta KKN kelompok 1
- Panitia dan Warga sekitar dukuh kampiran |
|
| - REALISASI - REALISASI |
9 | Selasa, 09 agustus 2022 | - Kegiatan rutinanjam’iyah fatayat dan muslimat - Perlombaan anak islami di masjid jami’ al-Faiz naza 4 - Monitoring panitia KKN di posko songgom lor | - Sebagai salah satu bentuk pendekatan emosional kepada warga dusun kampiran - membangun semangat anak-anak dalam proses belajar - mengevaluasi seluruh peserta KKN yang sudah berjalan | - ibu-ibu fatayat dan muslimat setempat - peserta pengajian rutin anak-anak - Seluruh peserta KKN |
|
| - REALISASI - REALISASI |
10 | Rabu,10 agustus 2022 | - Khaul massal memperingati tahun baru islam dk. Kampiran - Persiapan pembagian hadiah lomba anak islami - Pelaksanaan pengajian umum 10 muharram - penyerahan hadiah perlombaan anak islami - pawai arak-arakan - santunan anak yatim dan yatim piatu | - mengirimkan doa untuk seluruh arwah di dusun kampiran - mensyi’arkan ajaran islam - mengapresiasikan anak-anak yang sudah ikut serta dalam lomba yang sudah di tentukan dari panitia KKN - memulyakan bulan muharram dan memberi santunan untuk anak yatim piatu | - panitia dan warga sekitar dukuh kampiran - Peserta pengajian rutin anak-anak - Seluruh warga setempat desa kampiran - Peserta pengajian rutin anak-anak - Anak yatim dan yatim piatu |
|
| - REALISASI - REALISASI |
11 | Kamis, 11 agustus 2022 | - Latihan upacara - Pengambilan dana bantuan BAZNAS untuk anak yatim dan yatim piatu - Kegiatan rutinan malam jum’at (pembacaan yasin dan tahlil) - Silaturrahim ke pengurus majlis nurul Qur’an | - Mempersiapkan kematangan petugas upatacara HUT RI - Membantu berpatisipasi menolong sesama manusia - Membiasakan diri untuk pembacaan yasin dan tahlil - Pendekatan kepada ulama setempat | - Petugas upacara HUT RI - Peserta KKN kelompok 1 - Jama’ah masjid dan warga sekitar dukuh kampiran - Pengurus masjid |
|
| - REALISASI - REALISASI |
12 | Jum’at,12 agustus 2022 |
- Melatih anak-anak bermain hadroh di masjid jami’ al-faiz naza 4 - Musyawarah pembahasan proker kelompok 1 | - Menghidupkan seni islami
- Mengevaluasi proker kelompok 1 desa wanacala
| - Peserta pengajian rutin anak-anak - Peserta KKN kelompok 1
|
|
| - REALISASI - REALISASI |
13 | Sabtu, 13 agustus 2022 | - Rapat pemantapan peringatan HUT RI di balai desa Wanacala - Simulasi pendidikan dan mengajar ke taman kanak-kanak - Silaturrahim ke ketua umum masjid al faiz naza 4 - Pembuatan mading kelompok 1 | - Mempersiapkan kematangan kegiatan HUT RI - Pendekatan diri kepada ulama setempat desa kampiran - Memberi informasi kegiatan kelompok 1 | - Panitia dan perangkat desa terkait peringatan HUT RI - Anak-anak
- Pengurus masjid al faiz naza 4 - Peserta KKN kelompok 1 |
|
| - REALISASI - REALISASI |
14 | Minggu, 14 agustus 2022 | - Pemasangan banner KKN - Pengajuan surat izin mengajar ke kelompok bermain | - Sebagai salah satu bentuk sosialisasi masyarakat setempat - Sebagai bentuk salah satu silaturahim dan perizinan mengajar | - Peserta KKN kelompok 1 - Peserta KKN kelompok 1 |
|
| - REALISASI - REALISASI |
15 | Senin, 15 agustus 2022 | - Latihan upacara menyambut HUT RI - Kegiatan rutin anak-anak mengaji di masjid jami’ al-faiz naza 4 - Latihan hadroh di masjid al faiz naza 4 | - Persiapan pematangan Petugas upacara HUT RI - Membantu anak-anak belajar supaya lancar dalam membaca Quran - Menghidupkan seni islami | - Petugas upacara HUT RI - Peserta pengajian rutin anak-anak
- Peserta pengajian rutin anak-anak |
|
| - REALISASI - REALISASI |
16 | Selasa, 16 agustus 2022 | - Latihan upacara - Tasyakuran menyambut HUT RI di Balai desa Wanacala | - Persiapan pematangan petugas upacara HUT RI - Merenungi jasa para pahlawan kemerdekaan republik indonesia | - Petugas upacara HUT RI
- Perangkat desa dan warga desa wanacala |
|
| - REALISASI - REALISASI |
17 | Rabu,17 agustus 2022 | - Upacara HUT RI ke-77 - Kunjungan DPL ke posko KKN - Perlombaan memeriahkan HUT RI ke-77 - Silaturahmi ke sekretaris DKM Al-faaiz naza 4 | - Memperingati HUT RI ke-77 - Pengevaluasian program kerja peserta KKN - Memeriahkan HUT RI ke-77 - Menyambung erat tali silaturahmi dan penyampaian program kegiatan di masjid Al-faaiz naza 4 | - Warga masyarakat desa wanacala dan semua lembaga pendidikan beserta ormas - Seluruh peserta KKN kelompok 1 - Pengurus masjid Al-faaiz naza 4 |
|
| - REALISASI - REALISASI |
18 | Kamis, 18 agustus 2022 | - Membantu ibu-ibu pkk persiapan karnaval - Briefing juri karnaval - Acara karnaval desa wanacala | - Ikut serta memeriahkan HUT RI ke-77 bersama warga masyarakat desa wanacala | - Warga masyarakat desa wanacala yang ikut berpartisipasi memeriahkan HUT RI ke-77 |
|
| - REALISASI - REALISASI |
19 | Jum’at,19 agustus 2022 | - Koordinasi penanaman bibit buah-buahan bersama DLPHS - Kegiatan jam’iyah rutinan Ibu-ibu desa wanacala | -menjebatani warga desa wanacala dengan DLPHS - Sebagai salah satu bentuk pendekatan emosional kepada warga dusun kampiran | - ibu-ibu hatinya pkk - ibu-ibu warga desa wanacala |
|
| - REALISASI - REALISASI |
20 | Sabtu, 20 agustus 2022 | - Survei potensi ekonomi warga desa wanacala - Pembagian hadiah karnaval desa wanacala - Menghadiri acara sholawat Ezzura | -mengetahui SDM desa wanacala -mengapresiasikan partisipan HUT RI ke-77 -ikut serta memeriahkan HUT RI ke-77 di desa wanacala | - petani warga desa wanacala - para partisipan warga masyarakat yang mengikuti karnaval desa wanacala |
|
| - REALISASI - REALISASI |
21 | Minggu, 21 agustus 2022 | - Kegiatan rutinan jam’iyah muslimat NU se-kecamatan songgom - Kegiatan rutin marhabanan bersama anak-anak di masjid Al-faaiz naza 4 | - Sebagai salah satu bentuk pendekatan emosional kepada warga dusun kampiran - melestarikan kesenian islami dan mengajarkan anak-anak agar dapat membaca maulid nabi | - ibu-ibu warga desa wanacala - anak-anak muda desa wanacala |
|
| - REALISASI - REALISASI |
22 | Senin, 22 agustus 2022 | - Simulasi mengajar siwa-siswi SD 01 wanacala - Kunjungan ke madin Darul Ulum dukuh kampiran wanacala | - Memberi informasi kegiatan kelompok 1 - Memperkenalkan diri para peserta KKN | - Para murid siswa/siswi SD 01 wanacala - Para santri/murid madin darul ulum |
|
| - REALISASI - REALISASI |
23 | Selasa, 23 agustus 2022 | -pelatihan bimbingan seni baca Al-qur’an di madin darul ulum -kegiatan mengajar ngaji anak-anak di masjid Al-faaiz naza 4 | - Mengajarkan kesenian dalam membaca al-qur’an kepada anak-anak - Membantu anak-anak belajar supaya lancar dalam membaca Quran | - Para santri/murid madin darul ulum - Peserta pengajian rutin anak-anak |
|
| - REALISASI - REALISASI |
24 | Rabu,24 agustus 2022 | - Survei potensi SDA warga desa wanacala - Silaturahmi ke kepala desa wanacala - Silaturahmi ke carik desa wanacala | - Megetahui hasil dari pengolahan alam di desa wanacala - Mempererat tali silaturahmi dan membahas biografi desa wanacala | - Para petani warga desa wanacala - Silaturahmi ke kepala desa wanacala beserta perangkatnya |
|
| - REALISASI - REALISASI |
25 | Kamis, 25 agustus 2022 | - Rutinan majlis dzikir dan sholawat - Rutinan pembacaan yasin dan tahlil di masjid jami Al-faaiz naza 4 | - Membiasakan diri untuk pembacaan yasin dan tahlil | - Warga desa wanacala - Warga desa wanacala |
|
| - REALISASI - REALISASI |
26 | Jum’at,26 agustus 2022 | - Kegiatan mengajar anak-anak kelompok bermain desa wanacala - Kegiatan rutin jam’iyah ibu-ibu desa wanacala - Acara pembubaran panitia pengajian 10 muharram | - Memberikan motivasi semangat belajar kepada anak-anak - Sebagai salah satu bentuk pendekatan emosional kepada warga dusun kampiran - Transparansi dan evaluasi acara peringatan tahun baru islam 1444 H | - Para siswa/siswi taman kanak-kanak desa wanacala - ibu-ibu warga desa wanacala - para panitia umum pengajian tahun baru islam & santunan anak yatim piatu |
|
| - REALISASI - REALISASI |
27 | Sabtu, 27 agustus 2022 | - Persiapan pelaksanaan acara santunan anak yatim dan yatim piatu diposko KKN kelompok 1 - Pembagian undangan acara santunan anak yatim dan yatim piatu | - Mempersiapkan segala kepentingan dan keperluan yang akan dilaksanakan | -Seluruh peserta KKN kelompok 1 |
|
| - REALISASI - REALISASI |
28 | Minggu, 28 agustus 2022 | - Pelaksanaan acara santunan anak yatim dan yatim piatu - Persiapan penarikan peserta KKN di Desa Wanacala | - Memuliakan bulan muharram 1444 H serta partisipasi untuk mengadakan kegiatan santunan anak yatim dan yatim piatu | - Tokoh masyarakat dan seluruh peserta KKN kelompok 1 |
|
| - REALISASI - REALISASI |
29 | Senin , 29 agustus 2022 | - Persiapan pembuatan kenang- kenangan dengan pihak Masjid dan pihak desa - Persiapan nobar bersama anak- anak majlis nurul Quran - Pelaksanaan nonton bareng bersama anak- anak majlis nurul Quran sekaligus say good by kepada anak- anak majlis nurul Quran | - Memberikan apreasi kepadsa pihak pengelola desa dan secretariat masjid yang telah memberikan izin kepada peserta KKN yang bertempat di desa wanacala - Untuk menghibur anak-anak dan memberikan motivasi belajar | - Seluruh peserta KKN kelompok 1 - Anak-anak majelis nurul qur’an |
|
| - REALISASI - REALISASI |
30 | Selasa , 30 agustus 2022 | - Penarikan sekaligus penyerahan kenang- kenangan kepada pemerintah Desa Wanacala dan Kesekertariatan Masjid - Penarikan peserta KKN STAIB 2022Se- kecamatan Songgom | - Apreasi kepadsa pihak pengelola desa dan secretariat masjid yang telah memberikan izin kepada peserta KKN yang bertempat di desa wanacala | - Seluruh peserta KKN STAI Brebes di kecamatan songgom |
|
| - REALISASI - REALISASI |
No | Kegiatan | Output | Outcome |
1 | Khaul massal memperingati tahun baru islam dan Pelaksanaan pengajian umum 10 muharram | memuliakan bulan muharram dan memberi santunan kepada anak yatim dan yatim piatu | Agar senantiasa kita selalu ingat dan mengambil pelajaran dari pendahulu kita |
2 | Upacara bendera HUT RI ke-77 | Memeriahkan HUT RI dan membangun rasa nasionalisme | Dapat bertanggung jawab atas segala peraturan kenegaraan dan meningkatkan kedisiplinan |
3 | Mengajar ngaji bacaan Al-qur’an setiap ba’da ashar | Menjadikan anak-anak pandai dalam membaca Al-qur’an | Memberikan pengalaman bagi kita bagaimana cara mengajar membaca Al-qur’an sesuai dengan hokum yang sudah ditentukan |
4 | Posyandu | Petugas dan kader-kader posyandu dapat terbantu menangani pelayanan kegiatan posyandu terpadu | Memberikan pengalaman bagi peserta KKN cara bagaimana kegiatan posyandu berlangsung dari mulai imunisasi, menimbang, dll |
5 | pelatihan bimbingan seni baca Al-qur’an di madin darul ulum | Mengetahui beberpa seni baca AL-Qur’an | Memberikan pengalaman bagi kita bagaimana cara mengajar seni membaca Al-qur’an |
6 | Kegiatan bimbingan belajar (bimbel) kepada anak-anak | Memotivasikan anak-anak dalam hal belajar | Memberikan pengalaman dan mengamalkan ilmu yang telah ditempuh oleh mahasiswa STAI Brebes dalam dunia pendidikan |
E. Output Dan Out Come
F. Diskripsi Proses Kegiatan
1. Pra Kegiatan
langkah pertama yang kita lakukan yaitu:
a) Mengkaji keadaan secara umum : melakukan pengkajian tentang peta desa, sosial ekonomi warga, sosial politik, sosial budaya,maupun rekrontruksi sejarah desa.
b) Mengkaji keadaan desa secara topikal : melakukan pengkajian tentang problem sosial keagamaan dengan mengkaitkan problematika dan potensi desa pada umumnya
c) Membuat planing partisipatif : menyusun perencanaan bersama masyarakat sesuai problem yang ditemukan
d) Melakukan aksi-aksi : berupaya untuk memecahkan problem sosial keagamaan
e) Melakukan refleksi : melakukan monitoring dan evaluasi atas upaya pengkajian keadaan desa secara umum dan topikal, serta aksi pemecahan problem sosial keagamaan bersama masyarakat.
2. Hasil Kegiatan
a) Kegiatan mulai bersinergi satu sama lain
b) Adanya pembentukan panitia qurban yang merupakan salah satu misi KKN kelompok 01
c) Terfasilitasinya komunikasi antara pihak masjid dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI)
d) Terfasilitasinya komunikasi antara pihak masjid dan pihak madin dengan stek holder yang dibutuhkan.
e) Masyarakat mulai sadar akan fungsi masjid, yaitu bukan hanya tempat peribadatan saja namun punya peran lainya seperti halnya peran sosial, peran ekonomi dll.
3. Kendala dan solusi
1) Kendala
a. Kurangnya kesadaran masyarakat terkait pentingnya belajar ilmu agama
b. Kurangnya kedekatan emosional antar pengurus masjid
c. Penggerak kegiatan keagamaan maupun social mayoritas bukan pri bumi wanacala
d. Keterbatasan tenaga pengajar di masjid Al- Faaiz Naza 4
e. Kurangnya fasilitas pengembangan minat bakat anak- anak dan remaja Desa Wanacala khususnya dukuh Kampiran
f. Kemampuan SDM dibidang IPTEK yang masih minim.
2) Solusi
Memberikan pengarahan, Pemahaman serta edukasi terkait kendala yang terjadi melalui Tabbayun dengan metode home to home kepada pihak- pihak tertentu.
G. Pihak- Pihak Yang Terlibat
1. Warga desa wanacala
2. Lembaga pendidikan desa wanacala
3. Perangkat desa
4. Tokoh agama desa wanacala
5. Ormas desa wanacala
6. Lembaga pemerintahan
H. Faktor Pendukung Dan Penghambat Program
1. Bidang Sektoral Fisik
Sebagai perguruan tinggi yang berbasis pada agama, program yang diagendakan oleh tim KKN STAI Brebes dalam bidang fisik tentu saja adalah agenda yang sejalur dengan visi dan misi dalam bidang keagamaan.
Pada dasarnya problem yang dihadapi oleh tim KKN Desa Wanacala adalah kendala yang bersifat teknis seperti masalah dana. Lazimnya, setiap tim KKN memiliki peluang untuk mencari dana dari masyarakat setempat untuk memenuhi agenda atau program kerja. Tetapi hal itu tidak dilakukan mengingat kondisi perekonomian masyarakat yang tidak merata dan untuk menghindari asumsi yang diberikan oleh masyarakat kepada tim KKN. Hal ini ditambah dengan dukungan yang sangat sedikit dari instansi atau lembaga pemerintahan.
2. Bidang Sektoral Non Fisik
Dalam Bidang sektoral non fisik, kegiatan hambatan yang ditemukan adalah aktivitas dari penduduk Desa Wanacala yang padat pada pagi hari sehingga tidak mampu secara optimal dalam mengikuti acara atau kegiatan yang di adakan oleh tim KKN. Hanya acara dalam waktu tertentu saja yang dapat di hadiri oleh sebagian banyak warga wanacala. Khususnya kegiatan yang di lakukan pada waktu sore dan malam hari.
Pendek kata, hambatan yang dirasakan untuk merealisasikan kegiatan yang bersifat sektoral non fisik adalah ketidakmampuan untuk membuat generalisasi kegiatan bagi semua dusun. Hal tersebut dikarenakan kondisi geografis desa wanacala yang terdiri dari beberapa dusun dan terletak berjauhan membuat kegiatan yang di programkan tim KKN posko 1 belum dapat merangkul semua elemen dan lini masyarakat.
I. Keberlanjutan Program
Dari beberapa program yang kita rencanakan ada beberapa program yang perlu ditindak lanjuti diantaranya:
a) Membentuk himpunan madrasah se Desa Wanacala
b) Pembentukan irmas Dukuh kampiran
c) Pembentukan panitia Qurban dan Baziz Masjid AL-Faiz naza 4
d) Menjembatani pihak masjid AL-Faiz naza 4 dengan DMI (Dewan Masjid Indonesia)
BAB III
Rencana Tindak Lanjut
Program- program KKN tematik berbasis masjid yang telah dilaksanakan tentunya memiliki rencana dan pastinya memiliki rencana untuk menindaklanjhuti sehingga program tersebut tetap eksis dan berkembang dengan baik program yang berkelanjutan setelah kegiatan KKN tematik Berbasis Masjid :
1. Membentuk himpunan madrasah se- Desa Wanacala
2. Pembentukan IRMAS (Ikatan Remaja Masjid ) desa wanacala khususnya Dukuh Kampiran
3. Pembentukan panitia Qurban dan baziz Masjid Al- Faaiz Naza 4
4. Mendaftarkan Masjid se- Desa Wanacala ke DMI ( Dewan Masjid Indonesia )
5. Mengedukasi tokoh Masyarakat terkait pengadaan kegiatan bisa bekerja sama dengan stekholder yang ada di kabupaten.
BAB IV
Penutup
Mengacu pada bab-bab sebelumnya yang telah kami susun baik yangterkait dengan rencana program kerja, pelaksanaan program serta hasilkegiatan KKN refitalisasi peran social Masjid di Desa wanacala, Kecamatan songgom, Kabupaten Brebes sejak tanggal 1 agustus - 31 Agustus 2022 dapat kami simpulkan sebagai berikut:
1) KKN merupakan kuliah langsung di masyarakat, dengan adanya KKNmaka mahsiswa dapat mendapatkan bekal untuk hidup sosial dalam masyarakat,
2) Dengan adanya program KKN yang bertema Posdaya Berbasis Masjid maka mahasiswa dapat berbaur dengan masyarakat secara intensif.,
3) Proses perkuliahan yang sebenarnya ada di masyarakat karena msyarakat merupakan universitas terlengkap,
4) Program kerja KKN refitalisasi peran sosial Masjid yang telah kami rencanakan bersama pihak masyarakat terlaksana dengan baik berkat kerjasama dan dukungan dari berbagai pihak diantaranya KepalaDesa beserta perangkatnya, dan seluruh lapisan masyarakat sekitar serta kekompakan rekan-rekan satu kelompok.
5) Dengan melakukan observasi, dan evaluasi terhadap program kerja dapatdisimpulkan bahwa masyarakat desa wanacala memiliki nilai semanga thidup yang tinggi, rasa kerukunan, tenggang rasa, gotong royong danke harmonisan dalam bermasyarakat sangat erat, serta antusiasme terhadap program KKN sangat tinggi.
6) Kesamaan visi dan misi dalam mewujudkan masyarakat yang sejahteraantara Kepala Desa dengan masyarakat sehingga segala program kegiatandapat berjalan dengan lancar.
7) Keberhasilan dalam melaksanakan program tidak terlepas dari bimbingan,motivasi dan masukan-masukan dari Dosen Pembimbing Lapangan(DPL), Hubungan persaudaraan yang harmonis yang kami bina dengan keluarga besar masyarakat desa Tumiyang, Kebasen serta pihak Perguruan Tinggidapat terus berlanjut.
8) Program KKN refitalisasi peran sosial Masjid STAI BREBES secara khusus membantu masyarakat dalam meningkatkan mutu kualitas Sumber Daya Manusia dan Sumber Daya Alam di desa Wanacala keamatan Songgom kabupaten Brebes.
A. Saran- Saran
1. Perlu adanya kerja sama dengan instansi-instansi terkait dalam perencanaan dan realisasi kegiatan KKN
2. Masyarakat khususnya pemuda perlu meningkatkan kesadaran dan partisipasi dalam kegiatan KKN di desa Wanacala
3. Durasi pelaksanaan KKN ditambah karena 1 bulan kurang cukup untuk melaksanakan program KKN
B. Rekomendasi
Kami menyadari bahwa pelaksanaan KKN Tematik masih banyak kekurangan sehinggan masih banyak langkah untuk penyempurnaan maka dari itu kami akan menyampaikan saran-saran untuk kebaikan bersama :
1. Saran untuk mahasiswa KKN selanjutnya
a. Melakukan survey kepada masyarakat sebaik-baiknya dan mendapatkan informasi tentang lingkungan dan masyarakat sebanyak-banyaknya agar dapat merancang program kerja yang tepat untuk diberikan kepada masyarakat dalam memajukan masyarakat.
b. Tujuan dan sasaran program kerja dirancang sebaik-baiknya sesuai dengan permasalahan masyarakat yang sudah ada, agar dapat memberikan jalan keluar yang tepat kepada masyarakat atas permasalahan tersebut.
c. Jadikan pembekalan dari LPPM untuk mendapatkan informasi sebaik-baiknya agar waktu yang diberikan sebelum penerjunan dapat digunakan untuk persiapan terjun secara langsung kepada masyarakat.
d. Sebelum pelaksanaan KKN hendaknya mahasiswa mempersiapkan diri semaksimal mungkin baik pengetahuan keterampilan serta mental. Dibutuhkan pengetahuan agama praktis terutama bagaimana menempatkan diri sesuai mahasiswa tinggal
e. Senantiasa mahasiswa KKN mentaati norma-norma yang ada di masyrarakat baik yang tertulis maupun tidak tertulis.
Komentar
Posting Komentar